Di Balik Bedeng Badak Kanan

img_5384Kecamatan Tenayan Raya, Kelurahan Sail, tepatnya di jalan Badak kanan adalah salah satu tempat sekumpulan bedeng bersarang. Bedeng berukuran 10 meter persegi tersebut setiap hari digunakan untuk kegiatan produksi batu bata merah cetak tangan, sejenis home industry. Kebanyakan pemilik dan pengrajin disana adalah suku nias. Pak Seryanus salah satu pemilik ledeng, bersama istrinya sudah dua tahun bergelut dengan tanah liat disana, mereka tinggal satu atap dengan bedeng, dengan beralas dan berdindingkan teriplek disebelah tungku tempat batu bata biasa dibakar.

Batu bata sekali bakar bisa sebanyak 90.000 buah, proses pembakaran selama empat hari empat malam dalam suhu tinggi, sehingga batu bata mengeras. Dalam kondisi normal bisa terjual dalam dua hari. Sekali bakar, batu bata membutuhkan kayu bakar sebanyak dua mobil truk, biasanya menggunakan jenis kayu akasia. Ukuran tungku pembakaran sekitar lima meter persegi. Kayu dimasukkan melalui tiga lubang yang dibuat dibawah tungku sekaligus sebagai tempat keluarnya asap saat terjadi pembakaran batu bata yang telah disusun di atasnya.
Proses pembuatan batu bata, yaitu dengan menggunakan tanah liat yang diambil dari sekitar bedeng, tanah liat dibeli terlebih dahulu oleh pemilik ledeng dari pemilik tanah, kemudian dicampur dengan tanah, dimasukkan ke dalam lubang besar yang berisi air, setelah itu kerbau dimasukkan kedalam lubang agar dirancah, sampai pukul empat sore kerbau diangkat, keesokan harinya baru tanah bisa diangkat dan dicetak menjadi batu bata, dijemur dan dibakar.
Tetapi seiring berkembangnya teknologi dalam pembangunan, sekarang sudah bisa digunakan mesin untuk mencetak batu bata sehinggga proses pengerjaan bisa lebih efektif dan efisien.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s